English | Bahasa Indonesia      
logo
Tanggung Jawab Sosial Perseroan
Tanggung Jawab Sosial Perseroan

Aspek Lingkungan Hidup

Perseroan senantiasa melibatkan partisipasi karyawan dan kelompok komunitas untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan hidup yang dimulai dari hal kecil dengan tetap menggunakan kertas-kertas yang masih layak pakai untuk keperluan-keperluan internal. Perseroan juga menerapkan kebijakan seperti pemantauan efesiensi penggunaan energi listrik di luar aktivitas kerja dan penggunaan air secara hemat. 

Perseroan juga kerap melakukan program ramah lingkungan berupa daur ulang terutama penggunaan daur ulang bobbin/kemasan produk Polyester, daur ulang oli bekas, dan teknologi waste water treatment untuk mengolah air proses produksi. 

Perseroan secara konsisten untuk melakukan aksi-aksi sosial terhadap lingkungan hidup, khususnya bagi lingkungan sekitar Perseroan.  Keikutsertaan Perseroan dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (“PROPER”) tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI juga menjadi bukti nyata komitmen Perseroan terhadap lingkungan hidup. Pencapaian yang diperoleh adalah Peringkat Biru.

 

Aspek Praktik Ketenagakerjaan

Bentuk tanggung jawab sosial dalam hal ketenagakerjaan adalah rekrutmen terhadap masyarakat sekitar pabrik. Pemberlakuan remunerasi adalah sesuai dengan ketentuan jabatan di Perseroan, dengan mengikuti aturan UMK yang berlaku di masing-masing Plant, khususnya untuk level operator pabrik.

Salah satu bentuk tanggung jawab ketenagakerjaan kepada karyawan yang telah tergabung dalam Perseroan adalah keberadaan Knowledge Center sebagai pusat pengembangan kompetensi karyawan. Kompetensi yang dikembangkan meliputi softskill seperti leadership, motivasi, dll; serta hardskill atau kemampuan teknis.

Perhatian di bidang keselamatan kerja juga tidak luput diberikan oleh Perseroan dengan pelatihan rutin mengenai K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) serta pembentukan P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Tanggung jawab lainnya adalah penyelenggaraan suasana kerja yang kondusif serta hubungan industrial yang baik.

 

Aspek Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Di bidang keagamaan, Perseroan melakukan acara buka puasa, halal bihalal, penyerahan bingkisan Lebaran baik kepada karyawan maupun masyarakat sekitar, serta perayaan natal bersama yang menjadi agenda tahunan Perseroan. Kunjungan dan bantuan kepada panti asuhan juga rutin dilakukan oleh Perseroan.

Kegiatan pemberdayaan keluarga karyawan dikembangkan melalui Bazar Kuliner. Dengan penyelenggaraan bazar ini mendorong istri atau keluarga karyawan untuk berpartisipasi, yang harapannya dapat dilanjutkan setelah penyelenggaraan bazar.

Kepedulian di bidang pendidikan ditunjukkan Perseroan dengan pemberian beasiswa kepada anak karyawan yang berprestasi.

 

Aspek Tanggung Jawab Produk

Perseroan menyadari bahwa salah satu kunci penting kesuksesan Perseroan adalah kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Oleh karenanya, dalam menjalankan proses operasionalnya, Perseroan menerapkan sistem manajemen mutu dan lingkungan secara terpadu dengan standar yang ketat.

Aktualisasi tersebut adalah melalui penerapan Standar Operating Procedure yang diawasi oleh Audit Internal maupun Eksternal Audit. Perseroan sendiri menerapkan ISO 9001:2008 untuk Sistem Manajemen Mutu serta ISO 14001 untuk Sistem Manajemen Lingkungan.

Sebagai komitmen tanggung jawab terhadap pelanggan dibentuk tim khusus untuk memberikan pelayanan purnajual berupa konsultasi maupun tindak lanjut terhadap komplain atau klaim pelanggan. Tim tersebut dinamakan Technical Steering Committee (TSC).