English | Bahasa Indonesia      
logo
Komite Audit
Komite Audit

Komite Audit dibentuk oleh Dewan Komisaris berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 55/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit, serta mengacu kepada surat Keputusan Dewan Komisaris PT Polychem Indonesia Tbk Nomor CSE-BOC/001/VI/2016 tanggal 20 Juni 2016  dengan perihal  Pengangkatan Ketua Komite Audit beserta anggota Komite Audit.

Komite Audit PT. Polychem Indonesia Tbk. terdiri dari 3 orang dengan diketuai oleh Komisaris Independen Perseroan dan 2 orang anggota yang berasal dari luar perseroan yang mempunyai pengalaman dan latar belakang pendidikan  di bidang akuntansi dan keuangan.

Susunan Komite Audit terdiri atas:

  1. Bambang Husodo – Ketua
  2. Lieta Irawaty Sumantri – Anggota   
  3. Christina Tanuwidjaja – Anggota 

 

Tugas & Tanggung jawab

Membantu Dewan Komisaris dalam menjalankan fungsi pengawasannya dengan memberikan informasi dan rekomendasi secara profesional dan independen sebagaimana tercantum dalam Piagam Komite Audit perseroan seperti:

  1. Memberikan pendapat profesional yang independen kepada Dewan Komisaris terhadap Laporan Keuangan atau hal-hal yang disampaikan oleh Direksi kepada Dewan Komisaris. 
  2. Mengidentifikasi hal-hal yang memerlukan perhatian Dewan Komisaris, seperti : Kecukupan ruang lingkup pemeriksaan yang dilakukan oleh Akuntan Publik untuk memastikan  diketahui dan ditemukannya hal-hal yang dapat mempengaruhi kelancaran kegiatan usaha dan Efektivitas pengendalian internal perseroan
  3. Melaporkan kepada Dewan Komisaris berbagai resiko yang dihadapi perseroan
  4. Melakukan penelaahan dan melaporkan kepada Dewan Komisaris atas pengaduan yang diterima dan dihadapi perseroan
  5. Melakukan penelaahan atas ketaatan perseroan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
  6. Menjaga kerahasiaan dokumen, data serta informasi perseroan

Komite Audit mempertanggungjawabkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Dewan Komisaris dengan menyampaikan Laporan Pelaksanaan Tugas.

Adapun beberapa kegiatan dan/atau pelaksanaan tugas yang berhasil dilaksanakan sepanjang tahun 2018 meliputi hal-hal berikut, yaitu:

  1. Pertemuan dengan pihak Internal Audit yang membahas hasil kerja/pelaksanaan fungsi unit kerja Independen yang dimiliki perusahaan. Dengan rutinnya pertemuan serta diskusi–diskusi yang telah dilakukan maka diharapkan dapat membuahkan hasil kerja yang lebih maksimal dan peningkatan kemampuan para staff yang dimiliki; yang pada akhirnya mampu memberikan dukungan/saran bagi unit kerja lain dalam melaksanakan kegiatan rutinnya.
  2. Mengikuti pertemuan awal dengan pihak KAP Satrio Bing Eny & Rekan guna mendiskusikan serta mendapatkan penjelasan atas hal–hal yang terkait dengan rencana dan jadwal audit maupun target penyelesaian/diterimanya laporan hasil pemeriksaan. Pada pertemuan berikutnya, disamping pembahasan atas hasil pemeriksaan/ terhadap Laporan Keuangan Perusahaan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018 maka juga telah dilakukan penelaahan atas kecukupan pemeriksaan serta memastikan bahwa Laporan Keuangan Perusahaan telah disajikan secara wajar dari semua segi material serta pencatatan telah dilakukan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

 

Rapat Komite Audit di tahun 2018

Selama tahun 2018 rapat Komite audit adalah sebanyak 6 kali. Berdasarkan Piagam Komite Audit, Komite Audit mengadakan rapat sekurang-kurangnya sekali dalam 3 (tiga) bulan atau diadakan  minimal 4 kali rapat kuartalan dalam satu tahun, dengan demikian rapat komite audit  ini  terpenuhi.