English | Bahasa Indonesia      
logo
Sambutan Presiden Direktur
Sambutan Presiden Direktur

Pemegang Saham Yang Terhormat,

Tahun 2017 perekonomian Indonesia berhasil tumbuh dengan cukup baik yang ditandai dengan Pertumbuhan ekonomi yang berkisar 5.07%, angka tersebut merupakan pertumbuhan ekonomi yang tertinggi sejak tahun 2014, hal ini ditopang oleh adanya perbaikan infrastruktur oleh pemerintah, peran investasi swasta, dan ditunjang dengan adanya aliran masuknya modal asing yang tinggi, dan nilai tukar rupiah yang relatif stabil.  Hal ini ditandai pula dengan inflasi yang terjaga di angka 3.61%, yang memberikan suasana kondusif bagi upaya menguatan mementum pemulihan ekonomi domestik.

Sejalan dengan kenaikan harga minyak mentah dunia dimana tercatat harga minyak WTI rata-rata tahun 2017 sebesar USD 50.74, kenaikan harga minyak Indonesia menjadi salah satu sektor yang ikut mendukung pertumbuhan ekonomi, dimana berdasarkan catatan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) rata-rata harga minyak Indonesia, Indonesian crude oil price sepanjang tahun 2017 mencapai USD 51.19 per barel, atau naik 27 % dibanding tahun 2016 yang mencapai USD 40.13 perbarel.

Tahun 2017, secara umum perseroan menunjukan kinerja yang meningkat dengan mengoptimalkan pengoperasian pabrik Merak dengan telah selesainya pergantian katalis untuk pabrik MEG 2 pada bulan November 2017, yang mampu meningkatkan efisiensi pemakaian bahan baku etilena dan untuk menghasilkan produk-produk yang lebih kompetitif sehingga dapat meningkatkan nilai penjualan untuk produk etilina glikol dan turunannya.

Tahun 2017, Perseroan membukukan peningkat-an penjualan bersih sebesar 27 % dari USD 279.95 juta di tahun 2016 menjadi USD 355.10 juta di tahun 2017.  Peningkatan penjualan bersih tersebut disebabkan oleh kenaikan penjualan di semua segmen baik penjualan produk polyester maupun etilena glikol dan turunannya. 

Berdasarkan jenis produk penjualan tahun 2017 adalah sebagai berikut: polyester : USD 103.31 juta, kimia : USD 215.24 juta  dan benang nilon : USD 36.55 juta.

Berdasarkan pasar, penjualan tahun 2017 adalah USD 355.11 yang terdiri dari penjualan ekspor USD 53.82  juta dan lokal USD 301.27  juta.

Seiring dengan meningkatnya harga pokok bahan baku baik itu bahan baku poliester maupun bahan baku etilena glikol dan adanya kenaikan harga minyak mentah, perseroan menaikkan harga penjualan produk, baik produk polyester maupun etilina glikol, sehingga perseroan mencatat naiknya laba kotor sebesar 129.29 % atau naik sebesar USD 26.49 juta dari  USD (20.49 juta ) di tahun 2016 menjadi USD 6 juta di tahun 2017.

Perseroan juga telah membukukan penurunan kerugian bersih sebesar  57.35 % dari  USD (20.57 juta) di tahun 2016 atau turun sebesar USD 11.62 juta menjadi USD (8.64 juta) di tahun 2017. 

Akibat dari meningkatnya harga pokok bahan baku yang cukup signifikan, perseroan membukukan beban pokok penjualan yang meningkat dari USD 300.45 juta di tahun 2016 atau naik sebesar USD 48.64 juta atau naik 16 % menjadi USD 349.09 juta di tahun 2017. 

Adanya fluktuasi nilai pertukaran mata uang rupiah terhadap mata uang asing perseroan mendapatkan manfaat sehingga kerugian kurs dari USD (1.75 juta) menjadi hanya USD (34 ribu).

Dengan perkembangan kondisi keuangan yang demikian, perseroan optimis untuk tetap mempertahankan dan bahkan terus memperbaiki kinerja operasionalnya sejalan dengan tuntutan permintaan pasar baik domestik maupun internasional.

Dari keberhasilan yang telah kami capai di tahun 2017, perseroan secara terus menerus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara berkelanjutan dan perseroan juga tetap berkomitmen untuk memberikan upaya terbaiknya dengan melanjutkan program Penggantian katalis untuk pabrik MEG 1, dan  sebagai upaya efisiensi biaya dan optimalisasi produksi poliester, perseroan merencanakan untuk memindahkan mesin produksi PSF (fiber line) dari pabrik Tangerang ke pabrik Karawang.

Kami sepenuhnya menyadari bahwa keberhasilan perusahaan dapat dicapai dengan tetap memfokuskan optimalisasi pemanfaatan sumber daya manusia, pengelolaan aset secara efisien, serta mempertahankan  hubungan baik dengan pembeli dan pemasok yang turut memberikan dasar yang kokoh pada perusahaan dalam mengeksplorasi pasar-pasar potensial. 

Sebagai penutup, kami hendak menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, kreditor serta pemegang saham atas dukungan yang konsisten selama ini.  Tanpa itu semua, kami tidak mungkin mencapai hasil  seperti saat ini.

Kami percaya dengan dukungan, kepercayaan dan dedikasi mereka yang berkelanjutan kami akan terus tumbuh dan berkembang baik secara operasional  maupun finansial dimasa-masa yang mendatang.

 

Terima kasih,

 

Gautama Hartanto

Presiden Direktur