English | Bahasa Indonesia      
logo
Sambutan Presiden Direktur
Sambutan Presiden Direktur

Pemegang Saham Yang Terhormat,

Pada tahun 2015, kondisi perekonomian global masih belum  menggembirakan, sehingga industri di Indonesia masih mengandalkan konsumsi dalam negeri khususnya konsumsi rumah tangga untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi, meskipun terjadi sedikit penurunan akibat dari depresiasi nilai rupiah terhadap dolar Amerika yang berdampak kenaikan harga barang kebutuhan pokok.  

Tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya sebesar 4,8% yang juga dibarengi dengan nilai tukar rupiah yang terus terdepresiasi. Pelemahan rupiah ini searah dengan pelemahan mata uang negara lain juga ditandai dengan nilai inflasi sebesar 3,35% yang merupakan inflasi terendah dalam 5 tahun terakhir sejak tahun 2000.

Kondisi perekonomian dalam negeri juga masih belum dapat diharapkan akibat dari permintaan ekspor yang cenderung menurun akibat dari masih lemahnya permintaan dunia dan turunnya harga komoditas di pasar Internasional.

Selama tahun 2015 kinerja keuangan Perseroan tidak terlalu menggembirakan karena seiring dengan menurunnya harga minyak mentah dunia dan harga pokok bahan baku serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap USD. Perseroan membukukan penurunan penjualan bersih sebesar  30,8% dari USD  449,1 juta di tahun 2014 menjadi USD 310,9 juta di tahun 2015.  Penurunan penjualan bersih tersebut disebabkan oleh adanya penurunan harga jual di semua segmen baik polyester maupun etilena glikol dan turunannya. Selain itu, produksi Perseroan juga berkurang karena pabrik Tangerang berhenti beroperasi.

Berdasarkan jenis produk penjualan tahun 2015 adalah sebagai berikut: polyester USD 99,1 juta, atau turun 45,6% dari USD 182,2 juta di tahun 2014;  kimia USD 162,7 juta atau turun 22,8% dari USD 210,7 juta di tahun 2014; dan benang nilon USD 49,0 juta atau turun 12,7% dari  USD 56,2 juta di tahun 2014.

Berdasarkan pasar, penjualan tahun 2015 adalah sebagai berikut: penjualan lokal sebesar USD  267,9 juta atau turun 30,7% dari USD 386,7 juta di tahun 2014; dan  penjualan ekspor USD 42,9 juta atau turun sebesar 31,1% dari USD 62,3 juta. Pasar ekspor meliputi negara-negara Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Serikat.

Fluktuasi harga bahan baku dan harga minyak mentah yang tidak diiringi dengan fluktuasi harga jual produk secara proporsional, menyebabkan Perseroan mencatat rugi kotor USD 15,6 juta di tahun 2014 dimana menjadi rugi kotor sebesar USD 15,0 juta di tahun 2015 atau turun sebesar 4,3%.  Sementara itu, beban pokok penjualan perusahaan mengalami penurunan dari USD 464,7 juta di tahun 2014 menjadi USD 325,8 juta di tahun 2015. Turun sebesar USD 138,9 juta atau turun sebesar  29,9%.

Untuk tahun berjalan, Perseroan membukukan rugi bersih sebesar USD 24,2  juta tahun 2015 dan rugi  bersih sebesar USD 24,3  juta di tahun 2014.

Dengan perkembangan kondisi keuangan yang demikian, Perseroan berusaha tetap mempertahankan dan bahkan terus memperbaiki kinerja operasionalnya sejalan dengan tuntutan permintaan pasar baik domestik maupun internasional.

Pada tahun 2015, meskipun Perseroan menghadapi kondisi keuangan yang lebih sulit dibanding tahun sebelumnya, Perseroan masih tetap berkomitmen untuk memberikan upaya terbaiknya, dengan cara memenuhi permintaan pasar serta memproduksi produk–produk yang juga memberikan keuntungan bagi Perseroan. 

Untuk tahun 2016,  Perseroan mempunyai program antara lain:

  1. Melaksanakan pergantian katalis dengan menggunakan ”high selectivity catalyst” di pabrik MEG di Merak yang mampu meningkatkan efisiensi pemakaian bahan baku etilina dan untuk menghasilkan produk-produk yang lebih kompetitif sehingga  dapat meningkatkan nilai penjualan.
  2. Menggunakan Methane sebagai ballast atau pendukung sistim reaksi yang mampu mengoptimalkan performa catalyst sebagai upaya penghematan pemakaian bahan baku etilina.
  3. Melakukan debottleneck untuk Pabrik MEG sebagai upaya penambahan kapasitas dari 216.000 ton menjadi 246.000 ton per tahun.
  4. Mengganti sistem pendingin ruang di pabrik polyester dengan menggunakan ”humidity build up” sebagai upaya efisiensi pemakaian listrik.

 

Dengan demikian, kami optimis Perseroan akan dapat melakukan upaya-upaya demi kemajuan Perseroan. Kami sepenuhnya menyadari bahwa keberhasilan perseroan dapat tercapai dengan tetap memfokuskan serta  pemanfaatan sumber daya manusia, pengelolaan aset secara efisien, serta mempertahankan  hubungan baik dengan pelanggan dan pemasok yang turut memberikan dasar yang kokoh pada Perseroan dalam mengekplorasi pasar-pasar potensial.

Sebagai penutup, kami hendak menyampaikan terima kasih yang tulus kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, kreditor serta para pemegang saham atas dukungan yang konsisten selama ini. Tanpa itu semua, kami tidak mungkin mencapai hasil  seperti saat ini.

Kami percaya dengan dukungan, kepercayaan dan dedikasi mereka yang berkelanjutan kami akan terus tumbuh dan berkembang baik secara operasional  maupun finansial dimasa-masa yang mendatang.

 

Terima kasih.